Etika Berinternet
Beberapa Etika Berinternet
1. Jangan Gunakan Huruf Kapital
Tahukah apa arti dari huruf kapital? kesepakatan di internet tulisan dalam
huruf kapital itu berarti anda sedang marah/emosi. Jadi hati-hati dalam
penggunaannya. jangan menulis dengan huruf kapital semua. Kalau untuk penegasan
sah2 saja, tapi anda harus berhati-hati.
2. Jujur Dalam Mencantumkan Sumber
dan/atau Penulis
Jangan sekali-kali mengakui tulisan
orang lain sebagai hasil karya pribadi anda. Walaupun tulisan itu telah
anda revisi sedemikian rupa, namun mau tidak mau anda telah mengadaptasi dari
milik orang lain. Oleh karenanya, anda harus mencantumkan sumber referensi
tersebut. Bila anda mengutip dari sebuah situs, maka cantumkanlah nama/alamat
situs tersebut. Begitupun bila situs itu ternyata juga boleh mengutip dari
sumber lain yang merupakan penulis aslinya, maka anda harus mencantumkan kedua
sumber tersebut, penulis asli dan situs tempat anda mengutip.
3. Sopan
Pakailah bahasa yang sopan dalam
berkomentar atau dalam mengajukan pertanyaan.
4. Hati-hati HOAX
Sudah tahu hoax? hoax adalah berita
bohong. Untuk artikel yang belum jelas kebenarannya jangan langsung sebarkan.
Baca dengan teliti dan cari sumber yang jelas. contohnya : berita/email
barangsiapa yang ingin masuk surga menurut penjaga masjid dari makkah
anda harus membaca ini dan itu dan sebarkan pada 1000 orang. Siapapun tak mau
membaca berita tidak mutu/sampah di inboxnya.
5. NO SARA
Hindari postingan/email berbau SARA
6. Kritik dan Saran yang Bersifat
Pribadi Harus Lewat PM (Personal Message)
Jangan mengkritik seseorang di depan
forum. Ini hanya akan membuatnya rendah diri. Kritik dan saran yang diberikan
pun harus bersifat konstruktif, bukan destruktif. Beda bila kritik dan saran
itu ditujukan untuk anggota forum secara umum atau pihak moderator dalam rangka
perbaikan sistem forum, anda boleh mempostingnya di dalam forum selama tidak
menunjuk orang per orang tertentu.
7. Perlakuan Terhadap Pesan Pribadi
Jika seseorang mengirim informasi
atau gagasan kepada anda secara pribadi (private message), anda tidak
sepatutnya mengirim/menjawabnya kembali ke dalam forum umum, kelompok
grup, atau milis.
8. Kutip Seperlunya
Ketika anda ingin memberi tanggapan
terhadap postingan seseorang dalam satu forum, maka sebaiknya kutiplah bagian
terpentingnya saja yang merupakan inti dari hal yang ingin anda tanggapi dan
buang bagian yang tidak perlu. Jangan sekali-kali mengutip seluruh isinya
karena itu bisa membebani bandwith server yang bersangkutan dan bisa
berakibat kecepatan akses ke forum
tersebut menjadi terganggu. Ini
berlaku juga untuk fasilitas reply pada e-mail, terlebih jika anda aktif
dalam suatu milis. Ketika anda meng-klik tombol “Reply”, umumnya sebagian besar
program mailerakan menulis ulang pesan asli yang anda terima secara otomatis ke
dalam kotak surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban
e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan ambillah
(sebagai kutipan) bagian yang relevan dengan jawaban anda saja.
9. Jangan Gunakan “CC”
Ketika mengirim e-mail ke sejumlah
orang, jangan cantumkan nama-nama pada kolom “CC“. Jika anda melakukan hal itu
–biasa disebut cross posting–, semua orang yang menerima e-mail anda,
akan bisa melihat alamat-alamat e-mail orang lain. Umumnya orang tidak suka bila
alamat e-mailnya dibeberkan di depan umum. Gunakanlah selalu “BCC“. Dengan cara
ini setiap orang hanya bisa melihat alamat e-mailnya sendiri.
10. Jangan Sembarangan Menggunakan
Format HTML
Jika anda mengirim sebuah pesan
penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa
program e-mail rekan anda bisa membaca kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama
sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaliknya, gunakanlah format plain text.
11. Jangan Kirim File
(berukuran besar) Melalui Attachment
Peraturan e-mail secara
internasional melarang transfer file melalui e-mail, apalagi di dalam
milis. Jangan pernah membayangkan, rekan anda atau anggota milis yang lain
memiliki mailbox/hard disk yang cukup seperti anda. Pada umumnya penyedia jasa
internet (ISP) di Indonesia ‘hanya’ memberi quota space 2-5 MB. Pengiriman file
yang besar, akan membuat proses downloading menjadi lamban, dan ini jelas
menambah beban pulsa. Saat file melebihi kuota, maka proses downloading
praktis terganggu. Jika ini terjadi, anda bisa dituduh telah melakukan
bomb-mail, yang di dalam dunia internet, dianggap sebagai tindakan kriminal.
Jika memang harus melakukan transfer file, sebaiknya minta izin
dulu, bahwa anda akan mengirim file, sekaligus jelaskan besar file-nya. Setelah
rekan anda setuju, barulah kirim melalui attachment. Tapi untuk lebih
amannya, gunakanlah situs yang khusus
menyediakan jasa transfer file
ini. Selain praktis, semua rekan anda pun bisa menentukan pilihan, ingin ikut
mengunduh atau tidak, tanpa perlu risau e-mailnya terganggu. Toh sudah banyak
situs-situs gratisannya.
12. Ketika ‘Harus’ Menyimpang Dari
Topik
Tiap milis/forum tentu memiliki
peraturan khusus mengenai obyek bahasan yang diperkenankan. Sehingga tatkala
anda ingin menyampaikan/meminta sebuah informasi di luar topik yang telah
ditentukan, sepatutnya sertakan pula tanda khusus pada kolom subyek e-mail anda
agar anggota milis yang lain tidak terkecoh dengan isi e-mail anda. Contohnya,
ketika ingin menyampaikan lowongan pekerjaan di milis yang khusus membahas
tentang software: [OOT] Loker di PT. Software Citra Kencana, Membutuhkan
Programmer.
13. Hindari Personal Attack
Ketika anda tengah dalam situasi
debat yang sengit, jangan sekali-kali anda menjadikan kelemahan pribadi lawan
sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan
seberapa dangkal pengetahuan anda. Lawan 3 dari 9argumentasi hanya dengan
data/fakta saja, sedikit langkah diplomasi mungkin bisa membantu. Tapi ingat,
jangan sekali-kali menggunakan kepribadian lawan debat sebagai senjata
sekalipun ia adalah orang yang anda benci. Budayakan sikap debat ilmiah, bukan
debat kusir.
14. Bijaklah Ketika Hendak Meng-copy
Sebuah Situs
Walaupun sangat mudah untuk
mengintip source code sebuah situs, tapi secara etika setidaknya anda
komunikasikan terlebih dahulu dengan web master yang bersangkutan. Malah, hal
ini justru bisa memberikan keuntungan lebih. Ketika sang web master menyambut
baik ‘permohonan ijin’ anda
untuk mempelajari source codenya dan
ada hal yang tidak anda pahami, menjadi sangat mudah untuk bertanya kepadanya.
Penggunaan Offline Browser Tools, seperti HTTRACK atau
Teleport juga harus memperhatikan beberapa hal, seperti:
- Apakah ada ketentuan Copyright?
- Apakah pemilik mengijinkan anda menyalinnya untuk penggunaan pribadi? -> Jangan mengkomersilkan!
- Jangan sampai membebani bandwith server, baik bandwith situs atau bandwithjaringan anda. Lebih-lebih jika anda mengunduh dari tempat umum seperti warnet, maka sebaiknya jangan mengunduh pada waktu-waktu sibuk. Pembebanan bandwith secara berlebihan akan membuat situs down dan mengganggu akses pengguna lain dalam jaringan yang sama dengan anda.
- Jangan mencuri data yang bersifat pribadi seperti e-mail atau data rahasia perusahaan yang memang tidak diperuntukkan kepada khalayak. Pernahkah anda bertanya di suatu forum atau mailing list komputer di Internet, namun tidak dijawab oleh seorang pun? Atau mungkin malah ada yang meledek anda? Jangan kaget, cara anda bertanya dapat sangat mempengaruhi respons yang akan anda dapatkan. Jika cara anda benar, maka di forum yang sama bisa jadi malah orangorang seperti menjadi saling berebutan untuk membantu anda. 4 dari 9Anda hanya perlu menempatkan diri anda pada posisi mereka (anggota-anggota forum lainnya), dan berpikir, kira-kira pertanyaan seperti apa yang saya akan jawab dengan senang hati.
Perkembangan Internet
Teknologi Informasi dan Telekomunikasi (Information and Communication
Technology/ICT) merupakan tulang punggung aplikasi Web 2.0.
Perkembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang fenomenal dan
menjadi awal munculnya aplikasi web adalah Internet. Internet yang
berawal dari riset untuk pertahanan dan keamanan serta pendidikan
berkembang menjadi perangkat pendukung bisnis yang sangat berpengaruh.
Dalam kaitan dengan aplikasi Web 2.0 ini, terdapat beberapa peristiwa
penting dalam sejarah internet.
Berawal pada tahun 1957, melalui Advanced Research
Projects Agency (ARPA), Amerika Serikat bertekad mengembangkan jaringan
komunikasi terintegrasi yang saling menghubungkan komunitas sains dan
keperluan militer. Hal ini dilatarbelakangi oleh terjadinya perang
dingin antara Amerika Serikat dengan Uni Soviet (tahun 1957 Soviet
meluncurkan sputnik).
Perkembangan besar Internet pertama adalah penemuan terpenting ARPA yaitu packet switching pada tahun 1960.
Packet switching adalah pengiriman pesan yang dapat dipecah dalam
paket-paket kecil yang masing-masing paketnya dapat melalui berbagai
alternatif jalur jika salahsatu jalur rusak untuk mencapai tujuan yang
telah ditentukan. Packet switching juga memungkinkan jaringan dapat
digunakan secara bersamaan untuk melakukan banyak koneksi, berbeda
dengan jalur telepon yang memerlukan jalur khusus untuk melakukan
koneksi. Maka ketika ARPANET menjadi jaringan komputer nasional di
Amerika Serikat pada 1969, packet switching digunakan secara menyeluruh
sebagai metode komunikasinya menggantikan circuit switching yang
digunakan pada sambungan telepon publik.
Perkembangan besar Internet kedua yang dicatat pada sejarah
internet adalah pengembangan lapisan protokol jaringan yang terkenal
karena paling banyak digunakan sekarang yaitu TCP/IP (Transmission
Control Protocol/ Internet Protocol).
Protokol adalah suatu
kumpulan aturan untuk berhubungan antarjaringan. Protokol ini
dikembangkan oleh Robert Kahn dan Vinton Cerf pada tahun 1974. Dengan
protokol yang standar dan disepakati secara luas, maka jaringan lokal
yang tersebar di berbagai tempat dapat saling terhubung membentuk
jaringan raksasa bahkan sekarang ini menjangkau seluruh dunia. Jaringan
dengan menggunakan protokol internet inilah yang sering disebut sebagai
jaringan internet.
Jaringan ARPANET menjadi semakin besar sejak saat itu dan mulai
dikelola oleh pihak swasta pada tahun 1984, maka semakin banyak
universitas tergabung dan mulailah perusahaan komersial masuk. Protokol
TCP/IP menjadi protokol umum yang disepakati sehingga dapat saling
berkomunikasi pada jaringan internet ini.
Perkembangan besar Internet ketiga adalah terbangunnya aplikasi World Wide Web pada tahun 1990 oleh Tim Berners-Lee.
Aplikasi
World Wide Web (WWW) ini menjadi konten yang dinanti semua pengguna
internet. WWW membuat semua pengguna dapat saling berbagi bermacam-macam
aplikasi dan konten, serta saling mengaitkan materi-materi yang
tersebar di internet. Sejak saat itu pertumbuhan pengguna internet
meroket.
Bisnis di bidang Teknologi Informasi
Beberapa alasan yang membuat bisnis perlu dilandasi oleh suatu etika :
- Selain mempertaruhkan barang dan uang untuk tujuan keuntungan, bisnis juga mempertaruhkan nama, harga diri bahkan nasib umat manusia yang terlibat didalamnya.
- Bisnis adalah bagian penting dari masyarakat, sebagai hubungan antar manusia bisnis membutuhkan etika yang mampu memberi pedoman bagi pihak yang melakukannya.
- Bisnis adalah kegiatan yang mengutamakan rasa saling percaya. Etika dibutuhkan untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa saling percaya.
Prinsip dasar etika bisnis
Sony
Keraf (1991) dalam buku Etika bisnis : Membangun
Citra Bisnis sebagai Profesi Luhur, mencatat beberapa hal yang menjadi prinsip dari etika bisnis, antara lain:
a.
Prinsip otonomi
b.
Prinsip kejujuran
c.
Prinsip berbuat baik dan tidak berbuat jahat
d.
Prinsip keadilan
e.
Prinsip hormat pada diri sendiri
Bisnis di bidang Teknologi Informasi
Beberapa kategori bisnis di bidang TI :
a. Bisnis di bidang industri perangkat keras
bergerak di bidang rekayasa perangkat keras, contoh IBM, Compaq dll
b.Bisnis di bidang rekayasa perangkat lunak
dilakukan oleh perusahaan atau individu yang menguasai teknik rekayasa yaitu kegiatan engineering yang meliputi analisis, desain, spesifikasi, implementasidan validasi untuk menghasilkan produk perangkat lunak. Contoh : Microsoft, adobe dll
c.Bisnis di bidang distribusi dan penjualan barang
bisnis
yang bergerak di bidang pemasaran produk komputer baik oleh vendor ataupun secara pribadi.
d. Bisnis di bidang pendidikan teknologi informasi
Bisa berupa lembaga – lembaga kursus komputer sampai dengan perguruan tinggi bidang komputer. Contoh : BSI
e. Bisnis di bidang pemeliharaan teknologi informasi
Pemeliharaan bisa dilakukan oleh pengembang melalui divisi technical support atau spesialisasi bidang maintenance dan teknisi
Sumber:
Slide Mata Kuliah Etika Profesi Universitas BSI
Tidak ada komentar:
Posting Komentar